Layanan Distribusi Musik Digital Terkini: FreshTunes

FreshTunes, sebuah layanan distribusi musik digital terbaru, mulai diperkenalkan ke pasar umum pada minggu lalu dan diharapkan mampu mendobrak dari layanan sejenis yang sudah ada, khususnya diperuntukkan bagi musisi independen di seluruh dunia – sebuah layanan gratis untuk mendistribusikan lagu-lagu dan karya musik ke hampir semua platform musik streaming yang ada dan hampir ke semua toko digital, yang bisa diakses langsung di www.freshtunes.com.

Beberapa fitur unggulan dari tampilan FreshTunes yang terkesan simpel dan mudah dipergunakan ini adalah sebagai berikut:

  • Pendaftaran secara gratis dan dalam kurun waktu 24 jam lagu-lagu langsung ter upload ke seluruh layanan digital – melalui menu yang mudah diakses artis bisa mengatur dan menyusun lagu-lagu yang ada, artwork, menambahkan deskripsi lagu dan memonitor langsung penjualan serta data statistik.
  • Seluruh lagu akan didistribusikan ke seluruh platform musik yang ada saat ini seperti: Spotify, Apple Music, iTunes, Deezer, GoogleMusic, Amazon music, Shazam, YouTube, SAAVN, Guvera dll.
  • Pihak FreshTunes tidak akan mengambil prosentase atau bagian dari pendapatan yang diperoleh artis, 100% seluruhnya menjadi hak milik artis.
  • Layanan tambahan juga tersedia seperti produksi artwork, produksi video lirik, ringtone, layanan promosi dari video-video milik artis ke dalam channel YouTube FreshTunes, layanan mastering LANDR dan layanan MFiT yang tersedia untuk memenuhi kualitas standar iTunes.

Model bisnis yang ditawarkan FreshTunes adalah transparan, mudah dan unik – karena FreshTunes mengandalkan pendapatan dari layanan tambahan yang ditawarkan dan dari bunga sisa pendapatan yang diperoleh tiap akun, dimana pengguna/artis dapat mengambil revenue yang diperoleh dalam kelipatan £25. Dengan cara ini bisa dipahami bahwa layanan yang tersedia akan selalu gratis untuk selamanya dan bagi siapapun.

FreshTunes mulai masuk ke pasar tepatnya pada musim semi 2016, dan layanan ini langsung melesat melampaui target, dengan pengguna ada di 84 negara, termasuk di Inggris, Amerika Serikat, Rusia, India dan Brazil.

Dalam kurun waktu enam bulan, FreshTunes telah meraih dan mengumpulkan hampir 50.000 lagu. Termasuk membawa salah satu bintang independen hip hop Oxxxymiron menjadi album nomor 1 di tangga lagu Hip Hop versi iTunes Russia, dan juga mendistribusikan karya musik milik Jamala, pemenang Eurovision Song Contest 2016 asal Ukrainia.

FreshTunes didirikan salah satunya oleh Nikolay Okorokov, yang berpusat dan berkantor di Dubai dengan didukung operasional dan teknis yang berkantor di Moskow, sebuah kota yang menjadi penghubung global bagi kepentingan teknologi dan kreatifitas. Startup ini juga telah menyiapkan kantor di Brazil dan Inggris.

Nikolay Okorokov mengatakan “Aku percaya kami telah menciptakan sebuah model bisnis baru yang cukup adil dan memberikan nilai tambah terbaik yang sangat menguntungkan bagi para musisi independen. Ini merupakan satu hal yang kami percaya akan menciptakan satu bentuk baru bagi distribusi musik digital. Begitu banyak artis saat ini memilih untuk menjadi artis independen, bahkan setelah meraih sukses dan popularitas global. Ini merupakan sebuah tren yang tidak akan hilang begitu saja dan FreshTunes secara total memberdayakan dan mendukung komunitas musisi independen di seluruh dunia untuk menjalani karir mereka sesuai dengan yang mereka harapkan.”

Okorokov yang saat ini berusia 38 tahun, dimana telah berkarir hampir lebih dari 20 tahun, memiliki catatan yang sangat mengesankan dalam dunia konten musik digital, teknologi dan bisnis komunikasi melalui beberapa perusahaan beragam yang dimiliki seperti Iricom, Rightscom, Kedoo, Sparrow studio animasi 3D dan label NDA. Pola pendekatan bisnis dari Okorokov yang cukup visioner, jiwa kepemimpinan dan kepekaannya terhadap kemajuan dunia digital, telah membawanya menjadi sosok yang sangat handal di pasar konten digital Rusia.

Sebagai tambahan, menurut Okorokov: “Semuanya akan menjadi gratis, karena setiap layanan tersebut mampu menjangkau semua orang, termasuk berkaitan dengan musik. FreshTunes memiliki model ‘freemium’, sementara layanan distribusi musik digital yang ditawarkan adalah gratis, dan jika pengguna menginginkan satu layanan tambahan, cukup mengeluarkan sedikit biaya. Kami memercayai bahwa setiap orang berhak untuk membagi karya seni yang dimiliki, membangun komunitasnya dan menjangkau seluruh audiens global tanpa mengeluarkan biaya.”
Untuk info lebih lanjut bisa menghubungi: Indy Vidyalankara, indy@indypendentpr.com, 07881 822571

*Setelah melalui beberapa pengalaman langsung, saya memberikan penilaian untuk tidak merekomendasikan layanan distribusi digital ini. (Anton, Nov. 2016)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.